Olahraga Saat Sedang Datang Bulan, Efeknya Luar Biasa

Jakarta, Berolahraga saat menstruasi terbukti bisa memberikan manfaat berlebih. Hal ini karena latihan dengan intensitas sedang bisa membantu mengurangi kram dan juga rasa kembung saat menstruasi. Selain itu berolahraga selama menstruasi membantu meningkatkan efektivitas dari sirkulasi darah sehingga mengurangi sakit kepala dan juga nyeri lain yang disebabkan oleh hilangnya darah serta zat besi. Dalam beberapa kasus ditemukan berolahraga secara teratur juga membantu mengendalikan keinginan yang tak terkendali dari rasa lapar terutama terhadap makanan junk food, seperti dikutip dari Timesofindia, Senin (2/7/2012). Studi ini juga menemukan hasil lainnya yaitu perempuan yang jarang atau sedikit melakukan olahraga maka cenderung mengalami siklus menstruasi yang panjang, menyakitkan serta tidak teratur. Sedangkan jika terlalu banyak seperti berolahraga dengan ekstrem atau binaraga justru bisa membuat perempuan mengalami penghentian menstruasi secara sementara atau membuatnya tidak teratur. Sebuah siklus menstruasi bisa terbagi menjadi 6 fase yang berbeda. Pada fase pertama sampai ketiga terkait dengan perubahan pada dinding rahim, sedangkan 3 fase sisanya berkaitan dengan proses yang berlangsung dalam ovarium.

 

sumber : DetikHealth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s